Paket Upgrade Super KIPS Ninja 150R


Super kips
Penggenjot Kawasaki Ninja 150R (KN150R) pasti paham teknologi KIPS alias Kawasaki Integrated Powervalve System. Teknologi pendongkrak tenaga mesin 2-Tak pada putaran atas yang digerakan secara mekanis.

Asyiknya, buat pemilik KN150R lawas bisa pasang peranti ini. “Perangkat KIPS mulai banyak sekitar 2004 saat KN150RR masuk Indonesia,” jelas Andri Irwan dari Chemonk Modified (CM) di Kebayoran Lama, Jaksel.

Dua Versi Blok silinder super KIPS












Kenali kode pada sisi luar blok
Jadi tak perlu ganti motor versi R anyar atau RR karena cukup menebus paket lengkap seharga Rp 3,75 jutaan. Sudah banyak importir yang bawa langsung dari Thailand.

“Paket ini sudah sangat lengkap alias terima beres dan sudah siap terpasang tetapi belum termasuk ongkos kerja,” jelas Erick yang menawarkan paket Super KIPS secara online. Tak hanya itu, beberapa speedshop seperti Chemonk Modified menawarkan paket upgrade lebih advance.

Selain paket blok Super KIPS lengkap seri 1855 (gold) atau 1878 (silver), Andri juragan CM juga menyediakan karburator skep besar dari 34 mm hingga reed valves racing versi carbonfibre seperti Boyesen atau V-Force. “Semua tergantung dari kebutuhan dan dana,” jelasnya.

Ada sedikit perbedaan antara blok versi silver dan gold. Untuk tipe 1878 yang blok silinder aslinya berwarna silver tak dilengkapi O-ring seal karet. Sementara versi gold yang konon memiliki material dan ukuran lubang porting lebih baik, dilengkapi got untuk O-ring seal.

Meski begitu, ada beberapa ‘pemain’ yang menawarkan paket ketengan seperti blok silinder, setang, ring dan piston Rp 2,75 juta. “Paket ini untuk pemilik KN150 R baru atau RR yang ingin meremajakan mesin bukan upgrade,” terang Fahmi Jamil penjual komponen KIPS lewat internet.

Meski bisa beli paket secara lengkap, tak semua bengkel bisa mengerjakan atau tuning hingga maksimal karena dibutuhkan skill khusus untuk meracik Super KIPS serta tuning mesin hingga kencang. “Ongkosnya Rp 500 ribuan untuk pemasangan Super KIPS plus setting pilot dan main jet

6 komentar:

  1. gan kalo daleman skips doank? boleh gak?

    BalasHapus
  2. Gan kalo blok super kips komplit satu set brapa ya.saya mau pasang pda ninja ane yg masih kis

    BalasHapus
  3. Im using kawasaki kr 150?? What i have to do to use this block??

    BalasHapus
  4. Im using kawasaki kr 150?? What i have to do to use this block??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo gas nya brebet napas nya beratt . hrus ganti PJ dan MJ nya ya. Ksh solusi donk

      Hapus
  5. Bang saya beli piston ninja dari npp.. Tapi titik ring nya itu sejajar.. Apa bisa di pake ga tah??

    BalasHapus